Kita gak jago bikin caption tapi kita jago genjot karna kita anak saman 😁

Indonesia mempunyai begitu banyak kebudayaan yang hampir semuanya mempunyai unsur keindahan di dalamnya. Salah satu kebudayaan yang terdapat unsur keindahanya adalah seni tari tradisional Indonesia. 

Di Indonesia sangat banyak tarian tradisional yang populer dan memiliki unsur keindahan yang begitu memukau. Salah satu contohnya adalah tari saman dari Aceh.

Hal ini karena Tari Saman adalah tari dimana para penari begitu kompaknya bergerak sama antara satu dengan yang lain dan berimbang dengan tanpa iringan musik yang seperti biasa dilakukan oleh tarian lain sehingga bisa terlihat dalam satu tubuh saja atau  bahkan banyak yang bilang tari saman ini adalah tari seribu tangan. Meskipun sebenarnya dimainkan oleh banyak orang yang seakan berkaitan satu sama lainnya secara beraturan.

Tarian ini di namakan Saman karena diciptakan oleh seorang Ulama Aceh bernama Syekh Saman pada sekitar abad XIV Masehi, dari dataran tinggi Gayo, Aceh Tenggara. Awalnya, tarian ini hanyalah berupa permainan rakyat yang dinamakan Pok Ane. Namun, kemudian ditambahkan iringan syair-syair yang berisi puji-pujian kepada Allah SWT, serta diiringi pula oleh kombinasi tepukan-tepukan para penari. Saat itu, tari saman menjadi salah satu media dakwah.

Tarian saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman: Tepuk tangan dan tepuk dada. Diduga, ketika menyebarkan agama Islam, syeikh saman mempelajari tarian melayu kuno, kemudian menghadirkan kembali lewat gerak yang disertai dengan syair-syair dakwah Islam demi memudahkan dakwahnya. Dalam konteks kekinian, tarian ritual yang bersifat religius ini masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui pertunjukan-pertunjukan.

Tarian Saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik, selain karena butuh suatu kekompakan dan ketepatan karena tarian saman ini hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang, kirep, lingang, surang-saring (semua gerak ini adalah bahasa Gayo). Selain itu, ada 2 baris orang yang menyanyi sambil bertepuk tangan dan semua penari Tari Saman harus menari dengan harmonis.

Dalam Tari Saman biasanya, temponya makin lama akan makin cepat supaya Tari Saman menarik. Tari saman membutuhkan keseragaman formasi dan ketepatan waktu, jadi para penari harus memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat membawakan tari saman dengan sempurna.

Tari saman merupakan kebudayaan Indonesia yang unsur keindahannya berasal dari kekompakan dan keharmonisan gerak yang ditunjukkan oleh para penarinya. Dalam tarian ini kerja sama merupakan hal utama yang menentukan keindahan dari tari saman. Keharmonisan dan kekompakan setiap penarilah yang akan menghasilkan gerakan yang indah dari tari saman.

Di Indonesia masih banyak budaya yang mempunyai unsur-unsur keindahan, dan sebagai kaum muda kita harus bekerja sama dan berkewajiban untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia agar keindahan budaya tersebut dapat terus dinikmati dan dipelajari oleh masyarakat indonesia sekarang dan yang akan datang.


P. S : kangen nari, kangen teriak kriyahhh, kangen teriak itsss, kangen teriak cekiiiiiahh pokoknya kangen semuanya 😘

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Love

Aneh 😧

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)